Proposal Ujian Praktek Kesenian - SMAN 2 BOJONEGORO



Berikut ini merupakan proposal untuk ujian praktek kesenian di SMA Negeri 2 Bojonegoro pada tahun angkatanku, angkatan 2010-2013. Aku share buat referensi buat adek-adek kelasku. Siapa tahu ada yang nemuin blog ini dan siapa tahu juga template proposal ini masih dipakai pada jamanmu. Perlu diketahui kalau Ujian Praktek di SMAdaBo ini merupakan ujian praktek yang paling seru. Selain seru dan menarik, Ujian praktek ini juga menuntut siswa dan siswi agar menciptakan karya-karyanya sendiri. 

Semua itu berkat guru kesenian kondang yang sudah diakui kehebatannya dalam berseni dibojonegoro, yaitu Pak Yuli dan Pak Taufik. Beliau-beliau merupakan mastah seni dibidangnya masing-masing. Tapi soal musik, keduanya nggak perlu diragukan lagi, keren abis. Nggak ada ruginya kalian sekolah di SMAN 2 Bojonegoro kalau kalian punya skill non-akademik seperti musik. Disini pasti akan terasah dengan baik. 

Yaudah, kalian bisa comot template proposalnya dibawah ini. Semoga bermanfaat.

------------------------------------------------------------------------------------------------------


MUSIK AKUSTIK

“RADIO GALAU” 

FOTO

Nama Anggota :
Reinanda Dipta Pratama (36)
Praptadi Saiputra (31)
M. Panggih Nirwanto (09)
M. Imam Faisal (12)
Rengga Dwi Pebrianto (37)
M. Rizal (03)


SMA NEGERI 2 BOJONEGORO


-----------------------------------------------------------------------------------------------------


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami tujukan kehadirat Allah SWT, atas terselesaikannya lagu karya cipta kami sendiri dan sebuah lagu arangement. Karna tanpa ridho dari-Nya sulit bagi kami untuk menyelesaikan tugas yang di berikan guna menghadapi UJIAN PRAKTIK KESENIAN pada tanggal 17 Maret 2013 nanti.

Lagu karya kami berjudul “Lihatlah aku”, kami ciptakan bersama-sama untuk mengungkapkan apa yang ada dalam hati dan pikiran kami pada saat itu. Dan sebuah lagu arrangement dari lagu daerah Bojonegoro,yaitu “Waduk Pacal”.Yaitu Lagu yang menceritakan tentang indah dan eloknya waduk kebanggaan yang merupakan simbol jati diri warga Bojonegoro.

Kami berharap lagu yang kami bawakan, akan menjadi acuan bagi kami maupun temen-temen yang lain untuk  terus berkreasi. Bila ada kekurangan, kami mohon kritik dan sarannya, agar kami bisa membuat karya yang lebih baik lagi untuk yang selanjutnya.



CERITA DAN LATAR BELAKANG PENCIPTAAN LAGU

Lagu LIHAT AKU sebenarnya adalah karya cipta yang berasal dari ungkapan hati dan pikiran personel-personel kami. Dimana saya(reinanda), fafa, rengga dan panggih membuat lirik dan praptadi mengkonversikan kedalam kord. lagu ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang mengagumi seorang perempuan. Yang mana Laki-laki ini bertemu  si perempuan di sebuah tempat, dan si laki-laki langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Tiap hari dia memikirkan si perempuan. Akhirnya si laki-laki itu mencari tau tentang si perempuan. Namun ternyata si perempuan sudah punya kekasih. Tetapi cinta si laki-laki ke perempuan sangatlah  tulus, akhirnya si laki-laki ini tetap mencintai dan mengagumi si perempuan dengan ikhlas walaupun dia tahu kalau cintanya sulit untuk dibalas.


LAGU DAERAH

Kami mencoba untuk mengaransemen Lagu Waduk Pacal asal Bojonegoro yang diciptakan oleh Bupatinya sendiri, yaitu Kang Yoto. Lagu ini mendefinisikan bagaimana Waduk Pacal merpakan tempat wisata yang menarik di Bojonegoro. Alasan kami memlih lagu ini adalah karna Lagunya yang enak, menarik, berbobot dan merupakan lagu asal kota kita sendiri.

Dalam aransemen, kami mencoba untuk merubah tempo dari lagu asli. Yang sebenarnya ber-genre campursari, kita ubah menjadi genre pop.




SYAIR/LIRIK DAN CHORD LAGU DAERAH WADUK PACAL

Karya cipta : Kang Yoto


Intro : C G Em F 2x
            C                                            Bm
*Diantara dua gunung engkau terbentang
                  Am                       G                   F            G
Nuansa pucuk-pucuk ilalang,bergoyang-goyang
                        C                                          Bm
Diantara pohon jati angin sepoi-sepoi
                    Am                    G                     F
Waduk Pacal harapan hidup,para petani


Dm                   C
**Disini,di Waduk Pacal
              Bm                                 Am
Kita berjanji setia,sehidup semati
     Dm                    C
Disini,di Waduk Pacal
                        Bm     G
Kita kan datang lagi
                                        F         G
Dengan anak dan cinta sehati

C G Em F
Back to *,**



SYAIR/LIRIK DAN KORD LAGU KARYA CIPTA
“LIHAT AKU”

Karya : Panggih,Fafa,Adi,Dipta


Intro: Am Em F G
            Am C F G

C                G
Kulalui hari penuh drama
 A#               F             G 
Saat otakku slalu berangan
C                       F
Teringat indah,kau memanggilku
                A#                      F         G
Berdiri terpaku,Kumelihatmu

C                    G
Perasaanku semakin berharap
A#                     F           G
Dirimu hadir dalam mimpiku
C                          F
Namun kutahu ku tak akan bisa
                A#                  F        G
Ada yang lain dalam hatimu




C                  Em         Am             G
Bermimpi indah melalui semua
                      F                        G
Kenangan kecil saat bersamamu

          Em                                 C
*Lihatlah aku yang selalu ada di setiap waktu
          Am              G                    C       G
Meski kutahu kau bukan milikku
         Em                                    C
Ingatlah aku yang akan slalu mencintaimu
            F                         G               C
Sampai nanti berakhirnya waktu

Melodi : Em C G F
                        Em C F G

Back to *
           F                       G                 C
Sampai nanti berakhirnya waktu 2x



KOSTUM DAN POSISI ALAT PERSONEL

Kostum personel :
·     M.Rizal          : Kemeja kotak-kotak warna merah,celana jeans biru tua,sepatu putih
·      M.Panggih    : Kemeja kotak-kotak,celana jeans hitam,topi hitam,sepatu putih kombinasi merah
·      M.Imam F.    : Kemeja,celana jeans,sepatu abu-abu
·      Praptadi S.    : Kemeja kotak-kotak warna coklat,celana jeans hitam,sepatu coklat
·      Rengga D.P.  : Kemeja merah,celana jeans hitam,sepatu merah
·      Reinanda D.  : Kemeja kotak-kotak,celana jeans hitam,sepatu

Sesu   Sesuai dengan konsep kami yaitu tampil rapi.


POSISI PERSONEL

NAMA
POSISI
Reinanda Dipta Pratama
VOKAL
M.Rizal
CAJON
M.Panggih Nirwanto
GITAR 1
Rengga Dwi Pebrianto
GITAR 2
M.Imam Faisal
KEYBOARD
Praptadi Saiputra
BASS



PENUTUP

KESAN-KESAN

Ø M.Rizal :
Pelajaran seni budaya selama 3 tahun mempunyai kesan dan kisah yang beda beda.Tapi yang paling berkesan waktu kelas 1 semester 2 ketika mendapat tugas drama,dan aku berperan sebagai dalang kayak di OVJ. Cerita dramanya lucu dan para pemainnya bisa memerankannya dengan kompak. Atas usul sang ketua kelas, cerita kelompokku dipentaskan waktu  pensi.Setelah selesai pensi,saya jadi terkenal karna kegilaan saya saat tampil di panggung. Pokoknya SMAdaBO is the best . . . . .  Terima kasih pak Taufikur Rohman dan pak Yuli Setianto.

Ø Rengga Dwi :
Menurut saya pelajaran kesenian sangat berkesan.Soalnya dulu sebelumnya saya tidak bsa bermain gitar tapi setelah ada pelajara kesenian,sedikit-sedikit saya bisa bermain gitar tapi yang paling  menyebalkan adalah saat dikasih tugas menggambar,karna saya tidak tidak bisa menggambar sama sekali.

Ø Praptadi Saiputra :
Seni Budaya.Pelajaran yang tidak saya sukai pada awalnya.Karna saya merasa tidak memiliki bakat pada bidang ini. Lambat laun,Pelajaran musik,teater,seni lukis membuat saya perlahan-lahan menyukainya. Terima kasih kepada Bapak Yuli Setyanto dan Taufiqurrahman yang selalu membimbing saya,walaupun saya tidak bisa.

Ø M.Panggih
Seni Budaya memberikan banyak arti buat saya, dari menggambar, musik dan lain-lain. Sampai sekrang saya kurang sabar dalam pelajaran menggambar dan musik sendiri yang dulunya tdak kenal gitar, sekarang sedikit demi sedikit sudah muai bisa. Terima kasih untuk Pak Yuli dan Pak Taufik yang menjadi pembimbing saya.

Ø M.Imam Faisal
Saya beruntung berada di sini, di pertemukan 2 orang yang berpikir di atas normal. Guru yang baik, tentor yang bersahabat dan pastinya rocker luar biasa.. dari tak ngerti musik sampai dipertemukan keindahan nada. Terima kasih mas bro Taufiqqurohman dan mas bro Yulianto. Kalian luar biasa. Dan tidak lupa terima kasih SMAdaBO tercinta..

Ø Reinanda Dipta Pratama
SMA Negeri 2 Bojonegoro sangat beruntung punya 2 orang guru kesenian yang saya akui mereka adalah orang-orang yang punya kualitas dalam berseni, yaitu Pak Yuli dan Pak Taufik. Walaupun saya kurang ahli dengan bidang yang mereka ajarkan, tapi saya mendapatkan beberapa pencerahan tentang Seni dan bagaimana cara menghadapi hidup dengan seni. Pelajaran kesenian juga pelajaran yang menurut saya  paling santai dan paling asik yang ada di smadabo. Dan masih banyak lagi hal berkesan ketika belajar kesenian, yang nggak mungkin saya tulis semua. Semoga sukses terus pak yuli, pak taufik dan smada bojonegoro. See you next time......


Comments